Tips Hiasan Dinding Agar Betah Di Kamar Tidur

mendesain kamar tidur
Desain Kamar Tidur Minimalis


1. Pertimbangkan Jumlah Ruang Kosong

Dikutip Times of India, aspek paling penting untuk mendesain kamar tidur dengan karya seni adalah mempertimbangkan berapa luas 'Ruang kosong' di dinding anda. Memang, tempat paling ideal untuk menaruh lukisan adalah ruang tamu, tapi anda juga tak dilarang jika ingin menempatkannya di kamar tidur. Pilihlah lukisan berdasarkan ruang yang tersedia di dinding. Jangan tempatkan lukisan yang besarnya bisa memenuhi dinding, tapi jangan juga memilih lukisan yang terlalu kecil.


2. Harga Property

Jangan beranggapan kalau menempatkan karya seni di rumah, berarti harus memakan biaya yang lebih besar. Mungkin anda berpikir untuk memajang lukisan karya seniman besar yang sangat mahal. Tapi benda seni tidak harus selalu dikaitkan dengan harga mahal, anda juga bisa memilih sesuatu yang lebih murah tapi tetap dapat menciptakan kesan tersendiri yang unik pada ruangan. Tidak harus selalu lukisan asli, anda bisa menempatkan lukisan karya seniman favorit anda dalam bentuk print.


3. Pilih Yang Memiliki Kesan Tersendiri

Ingatlah, karya seni adalah sesuatu yang sangat personal, tergantung dari selera masing-masing individu. Jadi jangan asal memilih gambar hanya karena warnanya serasi dengan warna dinding atau tirai kamar anda. Pilihlah benda yang memiliki kesan dan arti tersendiri bagi anda. Sesuatu yang membangkitkan mood atau membuat anda tenang dan nyaman saat berada di rumah. Cobalah cari benda yang sekiranya akan anda simpan hingga puluhan tahun kemudian. Anda harus memilih karya seni yang memang anda cintai dan disukai juga anggota keluarga yang lain.


4. Sesuaikan Dengan Penataan Rumah

Sesuaikan benda seni pilihan anda dengan tema penataan kamar tidur. Jika anda mengusung dekorasi yang etnik dengan patung dan motif karpet tradisional, pilih juga hiasan dinding yang bertema serupa. Lukisan seperti karya Vincent Van Gogh, tentunya bukan pilihan tepat jika dipadankan dengan kamar tidur bergaya etnik. Sementara lukisan abstrak, akan lebih cocok ditempatkan pada kamar bergaya retro-minimalis.


5. Mintalah Bantuan Jasa Desain Interior

Jika perlu, mintalah seniman atau desainer interior untuk memberikan beberapa tips. Anda bisa memberitahu mereka tentang gaya dekorasi kamar tidur seperti apa yang anda punya untuk membantu mereka memberi saran yang sesuai kebutuhan. Mereka juga bisa membantu memilihkan karya seni dan bagaimana menatanya di kamar tidur anda.


6. Jangan Terburu-Buru

Jangan pilih secara terburu-buru. Luangkan waktu lebih banyak untuk melihat-lihat galeri foto secara analog maupun lewat website. Jika mau, anda pun bisa dibuatkan karya seni sesuai keingingan (custom-made). Satu yang penting, pilihlah secara bijaksana, bukan karena lapar mata.


7. Pilih Bingkai Yang Berkualitas

Lukisan atau karya seni yang dicetak, atau print art work harganya biasanya lebih murah dibandingkan lukisan aslinya. Maka itu, tidak ada salah jika anda mengeluarkan biaya lebih untuk bingkai berkualitas bagus. anda bisa memilih bingkai kayu berlapis cat warna yang sesuai dengan rumah. Anda juga bisa memilih bingkai berdetail unik seperti ukiran etnik atau pecahan cermin.


Nah setelah membaca beberapa tips di atas, anda tentu sekarang sudah tidak bingung lagi dalam memilih hiasan dinding yang sesuai dengan kamar tidur anda. Untuk membantu anda mencari ide dalam mencari hiasan dinding yang tempat berikut ini 50 Desain Hiasan Dinding Kamar Tidur Minimalis Yang Kreatif dibawah ini.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Hiasan Dinding Agar Betah Di Kamar Tidur"

  1. bisa juga pasang poster foto artis kesukaan mas/mbak. Apalagi buat yang suka kpop/kdrama, hehehe.

    Oia, saya jualan meja filing cabinet loh, pengiriman dari jakarta, mana tau anda tertarik.

    BalasHapus