Lima Belas Khasiat Buah Aprikot Untuk Kesehatan


Buah aprikot adalah buah yang berasal dari benua Asia



NEWSNESIA – Buah aprikot adalah buah yang berasal dari benua Asia. Buah ini sebenarnya tidak termasuk jenis buah yang pohonnya bisa ditanam di daerah beriklim dingin. Itulah alasan utama kenapa banyak daerah ber suhu dingin atau beriklim tropis.Banyak daerah di Indonesia yang membudidayakan buah aprikot untuk dijual atau diekspor ke luar negeri. Buah ini memiliki jenis yang sama dengan buah persik dan buah plum. Dari luar, buah ini hampir sama seperti jeruk karena warnanya orange seperti buah Jeruk. Dagingnya juga berwarna kuning dengan rasa yang lumayan manis.

Seperti buah-buahan lainnya yang memiliki kandungan nutrisi sehat, buah aprikot juga mempunyai kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Buah ini mengandung vitamin A, C, kalium, kalsium, beta karoten, kalori, karbohidrat, protein, gula, serat, dan juga lemak alami yang sehat. Buah aprikot juga memiliki kadar magnesium dan fosfor yang cukup tinggi. Marilah kita bahas manfaat dan khasiat aprikot untuk kesehatan lebih lanjut.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat aprikot, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Anti Oksidan

Selain buah lainnya, Anda bisa mendapatkan khasiat anti oksidan pada buah yang satu ini. Manfaat aprikot untuk anti oksidan diperkuat dengan kandungan vitamin C nya. Anda bisa terbebas dari bahaya radikal bebas dengan memakan buah ini secara rutin setiap hari.

2. Meningkatkan Ketajaman Mata

Khasiat aprikot yang kedua yaitu meningkatkan ketajaman mata. Dengan mengonsumsi buah ini, mata Anda akan lebih tajam penglihatannya. Selain tajam, Anda juga akan mendapatkan mata dengan kondisi dan fungsi yang sehat dan terhindar dari kondisi mata yang minus.

3. Mencegah Kanker

Masih berhubungan dengan fungsi anti oksidan. Kandungan dalam buah aprikot berkhasiat juga untuk mencegah kanker. Vitamin dan nutrisi yang ada pada buah ini akan mencegah rusaknya sel tubuh penyebab kanker. Penyakit kanker yang berbahaya pun bisa Anda cegah, seperti kanker payudara dan leukimia.

4. Membantu Proses Diet

Anda tidak perlu menghabiskan biaya yang mahal hanya untuk hidup sehat dengan bentuk tubuh yang bagus. Manfaat aprikot untuk tubuh yaitu melangsingkan dan juga menyehatkannya, itulah kenapa buah ini bisa menjadi buah yang membantu dalam proses diet.

5. Mencegah Anemia

Khasiat aprikot yang selanjutnya yaitu mencegah Anda menderita penyakit anemia akibat kekurangan sel darah merah. Buah ini berguna untuk membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah yang diperlukan ileh tubuh agar senantiasa sehat.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Buah aprikot mengandung kalium. Senyawa ini berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh Anda. Tekanan darah yang lebih terkontrol tentunya mampu membuat aliran darah Anda menjadi lebih lancar.
7. Mencegah Hipertensi

Khasiat yang ini berhubungan dengan tekanan darah. Ya, jika mengonsumsi buah aprikot akan membuat tekanan darah Anda stabil, maka Anda akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi, contohnya hipertensi.
8. Pencegah Penyakit Jantung

Kandungan kalium dalam buah ini juga akan menyehatkan jantung Anda. Khasiat aprikot untuk jantung tentunya mampu mencegah penyakit yang berbahaya yang berhubungan dengan jantung. Contohnya serangan jantung.
9. Mengatasi Dehidrasi

Manfaat aprikot untuk mengatasi dehidrasi juga sudah teruji. Hal ini karena buah kuning ini mengandung cukup banyak air yang bisa menghilangkan dehidrasi. Anda bisa mengolahnya dengan membuat jus agar lebih mudah dicerna.
10. Menguatkan Tulang

Tulang Anda juga perlu dijaga dengan baik agar tidak mudah keropos. Konsumsilah buah aprikot setiap hari. Buah ini mengandung banyak kalsium yang baik dan dibutuhkan untuk menguatkan tulang tubuh Anda.


Baca Juga: 18 Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong untuk Kesehatan


Selain 10 manfaat dan khasiat buah aprikot untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:
5 Manfaat dan Khasiat Buah Aprikot Lainnya: 

11. Obat sembelit
12. Meredakan asma
13. Menyehatkan kulit
14. Mencerahkan kulit
15. Menutrisi kulit


Itulah 15 manfaat dan khasiat buah aprikot untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

Source: www.khasiat.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Belas Khasiat Buah Aprikot Untuk Kesehatan"

Posting Komentar