Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah

Menstruasi atau haid memang terkesan menyiksa bagi para wanita. Wanita yang mengalami haid pastinya akan merasa sakit perut, sakit kepala, hingga membuat mood berubah menjadi buruk. Namun, ternyata haid yang kadang hadir tidak tepat waktu atau bisa dikatakan tidak teratur ternyata memiliki dampak buruk bagi tubuh, yakni adanya kemungkinan gangguan kesuburan terhadap system reproduksi seorang wanita. Lalu, sebenarnya apa sajakah hal-hal yang mengakibatkan menstruasi tidak teratur?

  1. Jika kita tengah hamil, maka tubuh otomatis akan memulai untuk memproduksi berbagai tingkat hormone. Inilah yang juga menyebabkan berbagai gejala kehamilan, termasuk dengan mengakhiri periode haid. 
  2. Diet yang dilakukan dengan cara yang berlebihan juga dapat mempengaruhi hormone wanita. Wanita dengan anoreksia atau bulimia tidak mengalami periode haid yang teratur. 
  3. Stres juga dianggap sebagai penyebab umum dari masa haid yang tidak teratur tiap bulannya apabila anda khawatir, cemas atau kelelahan akan mengakibatkan hormone di dalam tubuh anda menjadi tidak seimbang. 
  4. Jika menyuntikkan KB atau mengonsumsi pil KB juga dapat menyebabkan haid tidak teratur. pasalnya, tubuh kita memerlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi ke keadaan semula. 
  5. Pola makan yang buruk (eating disorders) juga dapat mengakibatkan kekurangan gizi yang cukup untuk tubuh agar berovulasi dengan baik
  6. Menopause yang akan dialami wanita juga dapat mengakibatkan perubahan kadar hormone di dalam tubuh 
  7. Sindrom ovarium polikstik (PCOS) yakni komplikasi umum yang dapat mempengaruhi 10% dari semua wanita. PCOS ini dapat membentuk kista pada indung telur. Gejalanya adalah jerawat, pertumbuhan rambut yang terlalu berlebihan, tekanan darah yang tinggi, berat badan naik turun, infertilitas, ketombe, hingga kesuburan.
  8. Penyakit radang usus dapat mengakibatkan peradangan pada usus yang lebih rendah. Ditandai dengan haid yang tidak teratur, gejala-gejala sakit perut, diare, dan penurunan berat badan. 
Menikah dan memiliki anak adalah sesuatu yang sangat dinantikan. Jangan biarkan waktu berlalu tanpa tawa bayi mungil dirumah Anda. Segera Ketahui dengan pasti mengapa menstruasi Anda tidak teratur agar kehamilan segera didapat. Baca: Diagnosa Dokter Terhadap Menstruasi yang Tidak Teratur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah"

Poskan Komentar