200 Pendaki Merapi Terancam Terbakar Akibat Terbakarnya Hutan Lereng Merapi

Kurang Lebih 200 an pendaki yang masih berada di puncak Merapi paska kebakaran di Hutan lereng Merapi. Mereka dievakuasi paksa oleh petugas SAR dan Segenap relawan. Hal ini dilakukan untuk mencegah korban seperti yang terjadi di Gunung Lawu.
Evakuasi terhadap pendaki langsung kita lakukan begitu mengetahui api terus membesar,” ujar Komandan SAR BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Saat ditemui di New Selo.
Menurut Yoyok, panggilan akrabnya, jumlah pendaki yang terdaftar di Pos Barameru, tercatat ada 500-an pendaki. Dari jumlah tersebut, sebanyak 300 orang sudah turun sedangkan 200-an pendaki masih berada di atas.

kebakaran di Hutan lereng Merapi
Proses evakuasi pendaki yang masih berada di atas, pihaknya sudah mengerahkan ratusan personil SAR. Selain itu, sejumlah relawan juga mulai berdatangan ke New Selo untuk membantu evakuasi pendaki dan pemadaman api.

“Kita upayakan semaksimal mungkin malam ini seluruh pendaki sudah turun semua,” tambahnya.
Salah seorang pendaki asal Salatiga, Michael, mengaku takut setelah melihat titik api mendekat ke arah pos 1, dimana dirinya bersama dua orang temannya mendirikan tenda. Beruntung, petugas segera datang dan meminta pendaki untuk segera turun.

“Masih banyak yang di atas, mereka belum menyadari ada kebakaran, apinya sudah sampai di pos 1,” ucap Mikhael.Sementara itu, untuk berjaga-jaga, BPBD juga menyiapkan satu unit ambulan di New Selo.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "200 Pendaki Merapi Terancam Terbakar Akibat Terbakarnya Hutan Lereng Merapi"

Poskan Komentar